Pelatihan “Kiat Menulis Karya Ilmiah Terpublikasi”

Sempena dengan Milad Universitas Riau yang ke-59, Rabu (22/09/2021) UPT Perpustakaan mengadakan pelatihan bagi pustakawan Universitas Riau untuk memotivasi bagaimana cara menulis dengan baik sehingga bisa dipublikasikan baik dimedia cetak atau online.

Acara tersebut di buka oleh Kepala Perpustakaan Universitas Riau bapak Dr. Edyanus Herman Halim Se., MS. Dan sebagai pemateri adalah bapak Dr. Jahir, MAg. Pada kesempatan itu beliau (Kepala Perpustakaan) menyampaikan bahwa pelatihan ini sangat penting bagi pengembangan potensi pustakawan dalam menulis karya ilmiah terpublikasi. Selain itu beliau mengatakan bahwa kegiatan menulis juga masuk ke dalam butir kegiatan pengembangan profesi pustakawan sehingga bisa digunakan untuk memperoleh angka kredit.

Kapus berharap setelah kegiatan dari acara ini setiap pustakawan akan menerbitkan tulisannya yang kemudian dipublikasikan di media cetak/online seperti koran Riau Pos. Selain itu beliau juga berharap adanya kegiatan webinar nasional bagi pustakawan seluruh Indonesia tentang bagaimana menulis karya Ilmiah yang baik dengan mengundang beberapa narasumber nasional yang sudah profesional dibidangnya.

Sementara itu narasumber Dr. Jarir, MAg (redaktur Koran Riau Pos) memberikan materi berupa “Kiat Menulis Karya Ilmiah Terpublikasi”. Menulis itu seperti orang naik sepeda. Kita bisa jatuh dari sepeda namun bila kita mempunyai keinginan dan tekad yang kuat maka kita akan berusaha lagi untuk mengendarai sepeda, demikian penjelasan dari belaiu. Begitu juga menulis kita bisa saja melakukan banyak kesalahan namun bukan berarti kita akan salah selalu. Motivasi yang kuat sangat diperlukan sehingga akan melahirkan semangat yang tinggi untuk menulis. Untuk itu mengenali potensi diri juga salah satu kiat yang diberikan dalam membuat tulisan ujarnya. Sebelum materi berakhir narasumber berpesan jangan membandingkan diri dengan orang lain, tetapi pahamilah diri kita sendiri artinya diri kita hari ini harus lebih baik dari yang kemaren.

Bagikan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Tinggalkan Komentar

Terimakasih
telah Berkunjung

Ikuti Kami

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin