Sejarah Perpustakaan

Perpustakaan Universitas Riau didirikan pada tahun 1962 bersamaan dengan berdirinya Universitas Riau yang masih di bawah naungan Yayasan Universitas Riau dan hanya menempati ruang seluas 100 meter persegi. Pada tahun 1980 Perpustakaan Universitas Riau hanya memiliki gedung seluas 500 meter persegi yang terletak di lokasi kampus lama jalan Pattimura No. 9 Pekanbaru. Sejak tahun 1992 Perpustakaan Universitas Riau dipindahkan ke kampus baru yakni Kampus Bina Widya Panam Jalan HR Soebrantas KM 12,5 Simpang Baru, Pekanbaru sejalan dengan dipindahkannya kantor Rektorat dan beberapa fakultas.

Previous
Next

universitas riau

Perpustakan Universitas Riau memiliki gedung sebanyak empat unit masing-masing terdiri dari dua lantai. Dari empat unit yang ada perpustakaan hanya menempati dua gedung dengan luas keseluruhannya 4.000 meter persegi dengan kapasitas 250 tempat duduk, dibangun di atas lahan seluas 2 Ha.

Perpustakaan saat ini melayani lebih dari 27.500 mahasiswa, 1.400 dosen dan 654 karyawan. Perpustakaan Universitas Riau menyimpan lebih dari 132.000 judul atau 365.000 eksemplar koleksi bahan pustaka, dengan pertambahan setiap tahun sekitar 8.500 eksemplar. Selain itu perpustakaan juga memiliki koleksi elektronik yang terdiri dari jurnal dan bahan-bahan koleksi “local content”. Jumlah e-journal yang dilanggan lebih dari 5.000 judul dalam berbagai disiplin ilmu yang diperlukan terutama oleh sivitas akademika UR. Kedua jenis koleksi elektronik jurnal tersebut dapat diakses melalui jaringan www: lib.unri.ac.id dan www:ur-lib.com.

Perpustakaan Universitas Riau sudah dua tahun ini menggunakan sistem otomasi perpustakaan dengan menggunakan program SliMS dan untuk pelayanannya sudah dikembangkan komplemennya dari pengembangan program SliMS, aplikasi pelayanan mandiri yang telah diterapkan untuk transaksi peminjaman, perpanjangan dan pengembalian buku dalam upaya untuk meningkatkan pelayanan. Penerapan aplikasi Pelayanan Mandiri ini sejak tanggal 30 Agustus 2013.

Perpustakaan Universitas Riau mendapat nilai terbaik dalam akreditasi perpustakaan Tahun 2013, yaitu Kategori “A” . Hasil penilaian akreditasi Perpustakaan Universitas Riau oleh Tim Asesor Perpustakaan Nasional RI dari 17 September hingga 18 Desember 2013 tertuang dalam Sertifikat Akreditasi Perpustakaan Perpustakaan Nasional RI Nomor 19/1/ee/XII.2013

Mantan Kepala Perpustakaan

Sejak berdiri Perpustakaan Universitas Riau telah mengalami beberapa kali peralihan kepemimpinan

Prasasti Perpustakaan

Perpustakaan Universitas Riau didirikan pada Tahun 1962 bersamaan dengan berdirinya Universitas Riau yang masih di bawah naungan Yayasan Universitas Riau dan hanya menempati ruang seluas 100 meter persegi.  Sejak tahun 1992 Perpustakaan Universitas Riau dipindahkan ke kampus baru yakni Kampus Bina Widya Panam Jalan HR Soebrantas KM 12,5 Simpang Baru, Pekanbaru. Gedung Perpustakaan Universitas Riau diresmikan oleh Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Prof. Dr. Ir. Bambang Soehendro., M.Sc. DE.Sc pada Tahun 1999.

Visi

Menjadi learning resource center berbasis teknologi informasi pada Tahun 2035.

Misi

  • Mengumpulkan berbagai informasi dalam bentuk cetak dan noncetak ( elektronik )  yang relevan dengan bidang studi di Universitas Riau.
  • Mengorganisasikan berbagai informasi, untuk mempermudah aksesibilitas informasi IPTEKS.
  • Mendistribusikan informasi secara efektif dan efisien kepada pemustaka.
  • Mewujudkan Sistem Informasi Manajemen (SIM) Perpustakaan dan layanan terintegrasi dengan perpustakaan fakultas dan unit lain yang terkait.
  • Mewujudkan ciber library menuju interoverabilitas perpustakaan digital.
  • Menyediakan infrastruktur dan jasa perpustakaan berbasis teknologi informasi.
  • Menyediakan akses informasi dan layanan informasi secara tepat waktu, tepat guna.

Moto

The Best Solution In The Search

Pusat sumber dan informasi bahan perpustakaan bagi Sivitas Akademika Universitas Riau dengan aksesibilitas yang cepat, mudah, efektif dan efisien dalam pencarian dan mendapatkan bahan perpustakaan.

Kebijakan Mutu

Perpustakaan Universitas Riau (UNRI), sesuai dengan visi dan misinya, berkomitmen menerapkanm budaya mutu terhadap proses penyelenggaraan pelayanan guna memperoleh kepuasan optimal pemustaka. Budaya mutu pelayanan secara konsisten diwujudkan melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), penyediaan koleksi yang relevan, terkini dan dapat memenuhi kebutuhan, dan berbasiskan teknologi informasi yang mutakhir serta dilengkapi oleh sarana dan prasarana yang mendukung.

Sasaran Mutu

Bagian Pelayanan

  • Rerata jumlah pengunjung pintu utama perbulan sebanyak 19.000 orang.
  • Rerata jumlah pengunjung sirkulasi perbulan sebanyak 7.500 orang.
  • Rerata persentase jumlah buku yang tidak kembali 2% pertahun.
  • Rerata jumlah koleksi yang dipinjam sebanyak 6.500 eksemplar pertahun.
  • Rerata persentasi jumlah buku yang dikembalikan 98% pertahun.
  • Rerata indeks kepuasan pemustaka skala 1-9 kepuasan yang diharapkan 7.

Bagian Pengembangan Koleksi

  • Rerata pengolahan buku teks 770 eksemplar per bulan.
  • Rerata pengadaan buku 3% pertahun dari total judul koleksi yang dimiliki.
  • Rerata pengelohan digital content 1320 skripsi perbul
  • Rerata durasi perbaikan buku:
  1. Rusak ringan 10 menit/eksemplar.
  2. Rusak sedang 60 menit/eksemplar.
  3. Rusak berat 5 hari/eksemplar.

Bagian Tata Usaha

  • Rerata Proses Pembuatan surat persurat 30 menit persurat.
  1. Surat undangan.
  2. Surat Tugas.
  3. Surat Panggilan.
  4. Surat Teguran.
  5. Surat Panggilan.
  6. Surat penerbitan SK unggah karya ilmiah.
  7. Surat bebas pustaka
  • Rerata kehadiran pegawai tepat waktu 75% perbulan.  

Bagian IT

  • Rerata persentasi keberhasilan backup database 90% perbulan.
  • Rerata update windows 90% seluruh komputer dalam waktu sekali 3 bulan.
  • Mengembangkan minimal satu aplikasi pelayanan setiap tahun.
  • Presentasi keberhasilan validasi unggah repository dan jurnal Universitas Riau 90%.

Struktur Organisasi

Terdiri Dari Unsur Pimpinan

  • Kepala : Dr. Yuana Nurulita.S.Si., M.Si
  • Tata Usaha : Evi Susanti., S.Si, M.I.Kom
  • Kabid Pengembangan Koleksi : Nurasmi, S.Pi, MI.Kom
  • Kabid Pelayanan : Ajir, S.Pd
  • Kabid IT : Yasin Setiawan, S.Kom., M.I.Kom
  • Kepala Cabang Perpustakaan FKIP : Hadriani, S.Pd
  • Kepala Cabang Perpustakaan FISIPOL : Diani Hartati, S.Sos
  • Kepala Cabang Perpustakaan FEKON : Yuli Astuti, S.IP
  • Kepala Cabang Perpustakaan FMIPA : Indriyeni, S.IP
  • Kepala Cabang Perpustakaan F. TEKNIK : Hasnidar, S.IP
  • Kepala Cabang Perpustakaan FAPERTA : Yurnalis, S.IP
  • Kepala Cabang Perpustakaan FAPERIKA : Rekhman, S.Sos
  • Kepala Cabang Perpustakaan F. KEDOKTERAN : Gusti Mayasari, S.IP
  • Kepala Cabang Perpustakaan F. HUKUM : Lili Handayani, S.IP
  • Kepala Cabang Perpustakaan FKEB : Thamrin Hasan, M. Pd

PENGUMUMAN

NB: Layanan Eform akan di kerjakan saat layanan kembali dibuka sesuai antrian Eform masuk.