Perpustakaan Universitas Riau Sebagai Jantung Universitas

“Perpustakaan bagi perguruan tinggi merupakan sarana penunjang yang berfungsi sangat vital, seperti jantung didalam tubuh manusia. Untuk itu kami meminta dukungan dan komitmen dari semua pihak untuk mengembangkan Perpustakaan Universitas Riau Menjadi Jantung Universitas berbasis Cyber Library Berstandar Internasional, sesuai visi Perpustakaan Unri Menjadi learning resource center berbasis teknologi informasi pada Tahun 2035” Demikian diungkapkan Edyanus Herman Halim, SE MS Kepala Perpustakaan Unri, dalam penyampaian Program Kerjanya di acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Universitas Riau (Unri) Penganggaran Tahun 2020, Rabu (21/2/2019) di Labersa Grand Hotel dan Convention Center, Provinsi Riau.

Edyanus mengajak Sivitas Akademika Unri untuk dapat memanfaatkan fasilitas sistem informasi ilmiah yang sudah ada di Perpustakaan Unri dalam meningkatkan Proses Belajar Mengajar dan Penelitian.

“Perpustakaan saat ini sudah terakreditasi A dan memiliki sertifikasi ISO 9001:2008, untuk kedepannya kita akan tetap mempertahankan akreditasi  A dan mengupgrade sertifikasi ISO 9001:2008 menjadi ISO 9001:2015 dan tetap berlangganan turnitin untuk menjamin keaslian karya-karya yang dikeluarkan oleh masyarakat Unri, agar mencegah terjadinya plagiat atau penjiplakan karya ilmiah dengan sistem pengecekan similaritas atau persamaan dalam karya ilmiah,” ujarnya.

Untuk membangun Perpustakaan yang mampu bersinergi dengan perguruan tinggi dan sivitas akademikanya, dibutuhkan SDM dalam hal ini pustakawan yang profesional, yang memiliki etos kerja yang tinggi, jujur, berdedikasi, loyal.

“Pada prinsipnya SDM yang tersedia sekarang sudah memadai, namun jika dibandingkan dengan standar yang ada pada Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional RI no 13 tahun 2017, tentang standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi masih kita perlukan adanya penambahan, namun ini tidak dapat kita penuhi sekaligus”.

“Berhadapan dengan revolusi industri 4.0 Perpustakaan Unri terus adaptif terhadap setiap perubahan mulai dari pengelolaan koleksi buku, riset, kualitas sumber daya pegawai, dan pustakawan. Agar mampu bersaing dalam era revolusi industri 4.0.

Dengan didukung system informasi yang berbasiskan kepada teknologi informasi yaitu digital library online information system maka pengunjung pustaka Unri dapat secara langsung mencari dan mengunduh koleksi-koleksi yang disediakan seperti: Koleksi Buku, Koleksi Majalah, Koleksi Non Buku, Koleksi Artikel Eletronik, Koleksi Book Elektronik serta karya yang dihasilkan segenap sivitas akademika dalam koleksi Universitas Riau.” Tambahnya.

“Saat ini perpustakaan perguran tinggi sangat membutuhkan perpustaakan digital khususnya Unri, perpustakaan digital ini bertujuan untuk mempermudah mahasiswa mencari berbagai koleksi buku bahkan penelitian taraf internasional maupun nasional dan meningkatkan minat baca mahasiswa,” tutupnya. (Lydia)***

Bagikan

Tinggalkan Komentar