Nav view search

Navigation

Search

Logo - INFORMASI JURNAL TRIAL "BUREAU VAN DIJK" DI BAGIAN KIRI BAWAH WEB - - RIAU UNIVERSITY LIBRARY HAS THE MOTTO "THE BEST SOLUTION IN THE SEARCH" - WITH A VISION OF BECOMING THE LEARNING RESOURCE CENTER BASED ON INFORMATION TECHNOLOGY IN 2035 -


 

KUNJUNGAN PESERTA DIKLAT SERTIFIKASI KEPALA PERPUSTAKAAN DAN KEPALA LABORATORIUM  MADRASAH

Sebanyak 20 peserta Pendidikan dan Latihat (Diklat) Sertifikasi Kepala Perpustakaan dan Kepala Laboratorium Madrasah Alyiah (MA) se Provinsi Riau berkunjung ke Perpustakaan Universitas Riau (UR) Senin (19/12). Rombongan diterima Sekretaris Perpustakaan UR, Dra. Endang Murniati, S.Sos.

Kunjungan tersebut merupakan bagian dari materi diklat yang bertujuan agar peserta mengetahui manajemen dan pengembangan perpustakaan berbasis informasi dan teknologi (IT). Menurut Pembimbing Peserta, Dr. Anis Masruri, S.Ag., SIP., M.Si. sengaja dipilih Perpustakaan UR karena dinilai sudah mampu mengembangkan perpustakaan berbasis IT dengan sederhana dan murah namun fungsionalisasinya tidak kalah baiknya dengan teknologi yang mahal.

Dikatakan Anis, kunjungan ini merupakan bagian dari kurikulum pada diklat yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama. “ Kami berterima kasih kepada Perpustakaan UR yang telah dapat menerima rombongan peserta diklat,” kata Anis.

Sementara itu, Sekretaris Perpustakaan UR Dra. Endang Murniati, S.Sos. dalam sambutannya mengatakan bahwa Perpustakaan UR sudah terintegrasi dengan perpustakaan cabang fakultas. “Saat ini, sedang kita laksanakan interkoneksitas dan interloan antar pusat dan cabang,” papar Endang.

Menurut Endang, tugas perpustakaan saat ini cukup berat dalam meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat. Karenanya, perlu keseriusan dalam mengembangkan perpustakaan termasuk perpustakaan sekolah dalam mendukung prosen pembelajaran di sekolah. “Paradigma tentang perpustakaan harus diubah bukan hanya sebagai tempat penyimpanan buku melain tempat proses pembelajaran,” ungkap Endang.

Pada pertemuan di Meeting Room Perpustakaan UR, disampaikan pengembangan Perpustakaan UR berbasis IT oleh Kepala Bidang IT Perpustakaan UR, Evi Susanti, S.Si. Kunjungan diakhiri dengan melihat langsung sistem pelayanan Perpustakaan UR berbasis IT oleh peserta diklat.

Poto pertemuan di Meeting Room Perpustakaan UR Kunjungan Peserta Diklat Sertifikasi
Kepala Perpustakaan Dan Kepala Laboratorium  Madrasah

Poto rombongan peserta diklat saat melihat langsung sistem pelayanan Perpustakaan UR berbasis IT.

Additional information